Rabu, 08 April 2020

jenis permainan anak
Perkembangan Teknologi Informasi semakin pesat dan ternyata hal ini membawa dampak yang kurang baik baik anak-anak. Yaitu banyak kasus dimana anak ketagihan bermain gadget, tentu saja hal ini membahayakan kesehatan anak. Khususnya untuk kesehatan mata dan psikis anak.

Dari latar belakang di atas, sangat diperlukan Bunda-bunda dapat mengajarkan sejumlah permainan yang mengasah kreativitas anak. Tentu saja hal ini diharapkan mampu mengurangi efek negatif dari perkembangan teknologi informasi. Berikut beberapa jenis permainan anak yang dapat dilakukan di rumah, yaitu:

Membaca Buku


(source:https://bundapedia.id/wp-content/uploads/2018/05/mainan-bayi-usia-1-3-bulan.jpg)

Anak di rumah dapat dilatih untuk membaca buku dalam waktu cukup lama. Untuk menghindari kebosanan, sebaiknya Bunda dapat memilih buku dengan tema yang anak suka. Misalnya jika anak menyukai cerita maka Bunda dapat memilih buku cerita.

Kreasi Seni


Aktivitas yang merangsang sisi kreatif anak dapat anak kembangkan sendiri kala di rumah. Saat sedang sibuk berkreasi biasanya anak akan tenggelam dan keasyikan sendiri fokus pada apa yang sedang dia kerjakan. Bunda hanya bertugas menyiapkan segala keperluan si jenis untuk mendukung jenis permainan anak tersebut.

Permainan Anak Edukasi


Permainan anak sekaligus sebagai media edukasi terhitung banyak jumlahnya, misalnya adalah puzzle, kartu, balok, dan sebagainnya. Bunda hanya perlu menyesuaikan dengan usia anak dan memilih jenis permainan edukasi yang tepat. 

Permainan Anak Imajinasi


Anak kecil memang lebih cenderung untuk berimajinasi dan menghayal. Dengan berimajinasi dan berkhayal akan membawa anak berpetualang di negeri antah berantah. Bagi anak dengan usia kecil biasanya lebih suka berimajinasi menggunakan alat-alat dan benda sekitar untuk mendukung imajinasi mereka. Sedangkan untuk anak yang usia sedikit besar dalam berimajinasi lebih menggunakan aktivitas kreasi, misalnya menulis cerita.

Membuat Kotak Aktivitas


Kota aktivitas yang Bunda buat bersama si kecil efektif untuk mengatasi kebosanan. Caranya bunda dapat memulai dengan membuat kertas kecil-kecil seperti undian arisan yang berisi aktivitas yang akan dilakukan. Masukan kertas ke dalam toples, dan minta anak untuk mengambil salah satu kertas undian. Dan anak harus melakukan aktivitas tersebut

0 komentar :

Posting Komentar